Menu

4 Peluang Usaha Menjanjikan di Era Digital dan di Masa Pandemi

Oleh Administrator
Minggu, 15 Agu 2021
18:45:48 WIB
dibaca 1553x

1. Content Creator

Dalam industri creativepreneurship, peran soerang content creator dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. 

Content Creator adalah sebuah profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi dan biasanya masuk ke dalam tim kreatif atau tim media sosial karena konten-konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube, Tiktok, Snapchat, Instagram, Blogger,  dll. 

Content creator juga biasanya berkolaborasi dengan tim marketing untuk mendapatkan konsumen sebanyak – banyaknya dengan tempat utama media sosial usaha. 

Menjadi content creator juga perlu paham mengenai tren industri saat ini agar bisa menyesuaikan kebutuhan pasar. Dengan kekuatan visual seperti illustrasi produk, foto produk, desain produk dan deskprisi produk itu menjadi tanggung jawab utama content creator.

Content creator bisa dibilang menjadi tombak utama sebuah perusahaan apalagi perusahaan yang ranahnya mulai menggunakan media sosial serta platfrom lain untuk berjualan.  

Sebagai seorang creativepreneurship, menjadi content creator sangatlah cocok karena content creator itu harus kreatif, anti mainstream dan berimajinasi. Berfikir kreatif tapi yang umum juga akan kalah, jadi juga harus anti mainstream pola fikir kreatifnya.

Content creator bisa mandiri, karena dimasa digital sekarang ini banyak rupiah datang sendiri dengan adanya Content creator yang menarik dan orisinil, karena dari pihak marketing seperti google sendiri memberikan feedback rupiah yang menjanjikan.


2. Toko online

Toko online atau online shop adalah salah satu contoh peluang bisnis yang tidak pernah mati. Banyaknya pengguna internet dan media sosial di Indonesia menyimpan potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk menjajakan barang yang Anda miliki.

Tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi juga semakin mendukung tumbuh suburnya bisnis online shop. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu membangun toko online sendiri. Anda cukup menawarkan barang yang dijual secara online. Anda bisa memanfaatkan marketplace atau media sosial populer seperti Facebook, Instagram ataupun WhatsApp.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu mempersiapkan modal besar. Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang dropshipper. Jika bisnis dinilai cukup bagus, Anda bisa mulai mengembangkannya dengan menambah modal atau mencari kredit usaha.

3. Usaha Kuliner di Go Food dan Grab Food

Kehadiran Gofood dan Grabfood seakan menghapus batas dan jarak antara toko dan pelanggan.

Konsumen dapat menikmati sajian menu favoritnya tanpa harus mengantri lama di restoran langganan, karena semua pesanan akan diantar oleh para driver.

Baik penjual maupun pembeli diuntungkan dengan adanya Go Food dan Grabfood ini.

Keuntungan Menjadi Mitra Go Food dan Grab Food

Sudah dikatakan bahwa kehadiran Gofood dan Grabfood ini memutus jarak antara toko dan pelanggan serta memudahkan konsumen menjangkau sajian yang ditawarkan di berbagai restoran hanya bermodal ponsel pintar.

Lantas apa keuntungan bagi pemilik toko atau restoran yang memutuskan menjadi mitra Go Food dan Grab Food?

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan.

Baik Go Food maupun Grabfood memiliki strategi marketing channel yang dapat membantu setiap restoran mengiklankan produknya kepada pelanggan. Misalnya dengan diskon pembelian atau penukaran poin.

Promo ini tidak dipungut biaya alias gratis sehingga setiap restoran dapat berhemat untuk belanja iklannya. Tanpa budget iklan besar setiap usaha dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Transaksi Pembelian Aman.

Sistem pembelian di Gofood dan Grabfood sudah dibuat sedemikian rupa sehingga aman digunakan. Semua bentuk pembayaran menggunakan sistem cashless dan tercatat secara detail di aplikasi pembayaran mitra Go Food dan Grabfood.

Transaksi secara cashless dapat meminimalisir kerugian antara toko maupun konsumen. Ya, pada transaksi offline biasanya restoran maupun pelanggan sering dirugikan dengan nominal pengembalian yang kurang.

Pengaturan yang Mudah.

Di zaman yang sudah serba internet ini sebenarnya mudah saja bagi setiap restoran membangun websitenya sendiri dan membuka jalur pembelian secara online.


Namun, butuh perawatan ekstra juga yang tidak murah. Karena jasa perawatan website semacam ini berbiaya mahal.

Namun di aplikasi Gofood dan Grabfood semua layanan disediakan gratis. Pemilik restoran dapat melakukan berbagai pengaturan seperti mengubah fitur, menu, promo, dan harga produk. Sehingga informasi mengenai ketersediaan produk dapat lebih cepat diterima pelanggan.

Jam Buka yang Lebih Fleksibel.

Salah satu keuntungan yang dihadirkan jika Anda mendaftar menjadi mitra Go Food maupun Grab Food adalah jam operasional yang lebih fleksibel.

Jika membuka gerai di mall atau pusat perbelanjaan maka jam buka toko diatur mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam saja.

Sementara jika melalui Go Food dan Grab Food restoran Anda bebas membuka tokonya hingga jam berapapun, selagi stok menu masih ada. Keuntungan berlipat pun bisa Anda dapat.

Sistem Bagi Hasil.

Seperti bisnis pada umumnya, Gofood dan Grabfood ini punya model bisnis sendiri untuk bekerjasama dengan para mitranya.

Kalau Anda masih ragu dengan sistem pembayaran dari Go Food maupun Grab Food. Tenang, karena keduanya selalu terbuka mengenai sistem bagi hasil.

Rata-rata sistem bagi hasil yang diterapkan adalah 80% untuk restoran dan 20% untuk Go Food dan Grab Food.

Jadi, bagi Anda pemilik restoran jika tidak ingin merugi bisa menaikkan seluruh harga meni 20% lebih tinggi.

4. Menjadi Mitra e-Commerce

Alasan utama kenapa Anda harus mencoba bisnis ini adalah karena sangat fleksibel. Bisnis online cocok sekali untuk mereka yang ingin membuka usaha tanpa dipusingkan terhadap masalah tempatnya. Karena bisnis online dapat dijalankan di mana saja asalkan tersambung oleh media internet.

Jadi sebenarnya menjadi pengusaha online itu tidak harus kaya dulu. Bahkan semua orang bebas menjalankannya dengan dana terbatas tanpa harus menyiapkan tempat penjualan offline. Cukup manfaatkan media sosial saja, maka peluang usaha e-Commerce menggiurkan untuk siapa saja.

Dibandingkan dari usaha pada umumnya, e-Commerce merupakan bisnis yang sangat praktis cocok untuk siapa saja. Bahkan saat ini para generasi milenial yang berstatus sebagai pelajar banyak yang menggeluti dunia tersebut. Karena dengan bantuan aplikasi digital, mereka bisa menghasilkan banyak uang tanpa modal besar.

Mengingat mekanismenya dijalankan secara online, artinya jangkauan konsumen Anda semakin luas hingga ke seluruh dunia. Itu berbeda sekali bila Anda hanya berjualan offline saja. Tentunya berbisnis online itu bila dijalankan sungguh-sungguh bisa memberikan Anda banyak keuntungan yang menggiurkan karena jangkauan pelanggannya luas.


Itulah sobat BMS, 4 peluang usaha menjanjikan diera digital dan dimasa pandemi yang kami rangkum.

Mungkin sobat BMS ada yang tertarik, tapi ingat ya, “harus konsisten dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya”

sumber: dirangkum dari berbagai sumber tanah air Indonesia


Shopping Cart

Empty basket


Shop Now